>

Tetap Silaturahmi Setiap Hari ditengah Pandemi

by - 5/13/2020 04:04:00 pm

Sejak dengar lagu Ramai Sepi Bersama iklan IM3 Ooredoo di TV, saya langsung semangat. Iya liriknya benar, kita semua di dunia ini sedang mengalami keadaan yang sama. Harus stay dirumah dan tetap menjaga jarak. Ya, karena sepi ini milik bersama, kita semua takkan kemana, selama kau ada aku tak apa, apapun yang terjadi tidak apa. Hehe jadi hafal liriknya. Kita selalu bersama walaupun ditengah pandemi, karena silaturahmi penting.

Ramadan tahun ini ada yang beda ya dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana saat ini kita sedang berada di tengah pandemi COVID-19. Semenjak COVID-19 masuk ke Indonesia pada pertengahan Maret, hampir semua masyarakat Indonesia yang bekerja, sekolah bahkan kuliah pun semua harus dilakukan dari rumah alias Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH). Meski ditengah pandemi, kita tetap bisa silaturahmi setiap hari. Hal yang biasanya kita lakukan seperti ngabuburit, buka puasa bersama teman, itikaf tarawih ikut kajian di masjid, kumpul keluarga besar, mudik dan bahkan sungkem dengan orang tua akan terhalangi oleh jarak akibat pandemi Covid-19 ini.


Barangkali tahun 2020 akan tercatat dalam sejarah dunia nanti. Di mana sejak beberapa bulan terakhir ini, kita seakan dipaksa mengubah tradisi dan kebiasaan hidup kita sehari-hari. Masjid-masjid meniadakan solat jamaah, pasar Ramadan yang menjual berbagai macam takjil tak lagi bermunculan, kegiatan buka bersama tak lagi diadakan, bahkan para perantau harus rela untuk tidak mudik karena adanya larangan. 

Semua orang mungkin sedang merasakan sedih dan kecewa. Bagaimana tidak, bulan Ramadan yang biasanya digunakan sebagai ajang silaturahmi dengan berbuka bersama atau mudik ke kampung halaman, kini bahkan tak bisa saling mendekat, mendekap, atau sekadar berjabat tangan. Lagi-lagi demi saling menjaga diri. Pandemi ini tak bisa dilawan selain memutus rantai penyebarannya. 

Sering kali saya habiskan waktu bersama teman untuk berkumpul dan bercengkrama di warung kopi. Pun saat Ramadan seperti sekarang ini, kami tak pernah absen untuk buka bersama. Bahkan beberapa tahun belakangan ini saya bersama teman-teman blogger rutin mengadakan buka bersama. Sayang, untuk pertama kalinya, rencana kami tahun ini harus dibatalkan karena pandemi covid-19.

Semakin kesini karena udah satu bulan lebih WFH, aku jadi udah terbiasa untuk melakukan apapun dari rumah. Nggak ada alasan untuk kita nggak produktif saat pandemi seperti ini. Karena ada banyak kegiatan atau aktivitas yang bisa kita lakukan dari rumah loh, apalagi saat ramadan seperti ini. Contohnya memasak, buat konten, dan yang pasti perbanyak ibadah. Kalo bosen, ya tinggal telpon temen buat virtual meeting aka video call sembari menanyakan kabar ataupun sekedar bercanda gurau bareng. 

tetap menjaga silaturahmi via daring

Tapi, fenomena ini tidak menghalangi IM3 Ooredoo menciptakan suatu karya kolaboratif bersama 4 musisi: Baskara Putra (Hindia), Kunto Aji, Yura Yunita dan juga Sal Priadi. Menghadirkan lagu “Ramai Sepi Bersama” sebagai penyemangat sekaligus mengingatkan kita semua bahwa apapun yang terjadi, tidak ada yang lebih penting dari silaturahmi

Semangat untuk tetap bisa bersilaturahmi inilah yang ingin disampaikan IM3 Ooredoo dan teman-teman musisi kepada kita semua melalui anthem ramai sepi bersama. Meski harus di rumah saja, bukan berarti kita hanya bisa berdiam tanpa karya. Di video klip ramai sepi bersama, kita bisa melihat bagaimana jarak tak membuat mereka berhenti berkarya dan saling menyapa. 



Pada proses pembuatan video tersebut pun, semua talent dan kru produksi melakukannya dari rumah masing-masing demi mematuhi peraturan physical distancing dari pemerintah. Jadi tidak hanya sekadar omong kosong, tetapi lewat karya tersebut mereka bisa membuktikan bahwa kita tetap bisa berkarya dan melakukan hal positif lainnya meski sedang dalam kondisi menjaga jarak.


Saat ini aku udah nggak khawatir boros kuota saat WFH, karena udah 5 tahun lebih pake IM3 Ooredoo. Karena kerjaanku butuh banget kouta yang banyak dan jaringan yang stabil. Untung banget pake IM3 Ooredoo jadi nggak khawatir sama sekali. Dimasa pandemi saat ini, aku tetap bisa kerja dan tetap bisa #SilaturahmiSetiapHari dengan keluarga dan teman-teman.

Tentunya dengan kuota yang besar dan harganya yang bersahabat banget! Biasanya aku pake paket Freedom Kuota Harian untuk : 

1GB untuk video call saat bukber online bareng teman
1GB untuk video call orangtua karena tidak bisa mudik
1GB untuk kirim pesan silaturahmi/e-card via chat/social media
1GB untuk ikut kajian atau meet up komunitas secara “online”
1GB untuk dukung kolaborasi, “work from home” atau aktivitas internetan lainnya selama Ramadan
1 GB untuk kuliah online


Nah gaada alasan lagikan gabisa produktif disaat pandemi gini? Dan ga ada alasan lagi ga bisa #SilaturahmiSetiapHari dengan sanak saudara di kampung halaman ataupun teman terdekat? Jelas paket Freedom Kuota Harian dari IM3 Ooredoo paling mengerti kita disaat pandemi gini.

Stay strong dan stay healthy ya, kita bisa saling menguatkan ditengah pandemi ini dan yakin kita bisa melewati semuanya. Semangat! #StayHomeStayConnected

You May Also Like

0 komentar