>

[Event] : Ikut Beransuransi Syariah sambil Berwakaf bersama Sun Life Insurance

by - 11/03/2018 04:58:00 pm

Haloo, kembali lagi sama aku

Disini aku mau cerita tentang ilmu yang aku dapat saat kopdar Blogger Palembang bersama Sun Life Financial Insurance kemarin. Keep scrooling ya..


Pernah dengar Sun Life Syariah Insurance? Mungkin sebagian dari kita udah tahu bahwa Sun Life Syariah Insurance ini merupakan instansi asuransi wakaf yang pastinya berbasis syariah. Kalo Sun Life Financial sendiri udah pernah dengar dong ? Iya Sun Life Financial itu organisasi jasa keuangan internasional yang menyediakan aneka produk asuransi dan wealth management untuk nasabah individu dan korporat. Nah, Sun Life Financial ini ada produk baru yang dapat berguna untuk nasabahnya dimasa sekarang dan akan datang, karena kita sekaligus beramal dengan cara berwakaf.




Kalo dengar kata wakaf, pasti pikiran kita langsung tertuju pada bangunan atau tanah yang digunakan untuk kemaslahatan umat kan?. Aku juga berfikir begitu soalnya. Padahal, wakaf ga hanya sebatas itu saja. Dan baru aku ketahui kalau ternyata berwakaf bisa dalam bentuk uang tunai yang disalurkan melalui pihak lain untuk dikelola dan memiliki nilai manfaat bagi orang banyak. Jadi, wakaf itu ga selalu dalam bentu properti ya. Segala hal yang dimanfaatkan untuk kebaikan dapat menjadi wakaf dan pahala tak putus-putusnya walaupun kita udah gaada di muka bumi ini. Keren yaa.


bersama bapak Norman Nugraha, Chief Business Sun Life Financial Indonesia

Nah, pengetahuan mengenai wakaf inilah yang baru aku ketahui saat diundang untuk menghadiri event Wakaf bersama Sun Life Financial pada Kamis, 1 Noverber 2018 kemarin yang berlokasi di Logo House Food and Bar. Penjelasan ini dibagikan oleh pak Norman Nugraha selaku Chief of Sharia Business Sun Life Financial Indonesia. Mengutip pembicaraannya, dana wakaf 100% langsung didistribusikan kepada lembaga wkaf tanpa potongan apapun sejak kontribusi pertama diterima oleh Sun Life.

Bagi pemegang polis asuransi syariah, peserta dapat mewakafkan manfaat asuransinya hingga 45% dari santunan asuransi dan 30% dari manfaat investasi dari polisnya. Aturan ini berdasarkan fatwa DSN-MUI karena bagaimanapun investasi harus tetap dinikmati oleh ahli waris.

Potensi wakaf di Indonesia sendiri itu mencapai 180 triliun rupiah loh. Namun, hingga tahun lalu baru terkumpul sebesar 400 milian rupiah. Sayang banget ya, padahal dana yang mestinya terkumpul ini bisa dimanfaatkan untuk membantu dan memberdayakan umat agar bisa terlepas dari lilitan kemiskinan.




Untuk mengatasi kemiskinan inilah, Sun Life Insurance meluncurkan produk asuransi berbasis syariah yaitu Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (ABHM) yang tak hanya menawarkan asuransi, tapi juga memungkinkan kita untuk berwakaf secara rutin. Fasilitas ini dinamakan wakaf berkala. Nah, melalui produk ini, setiap bulan kita bisa membayar premi asuransi sekaligus membayar iuran untuk wakaf yang dapat kita sepakati bersama besarannya.

Untuk mengelola dana wakaf yang didapatkan setiap bulan, Sun Life bekerja sama dengan lembaga pengelola aset wakaf terpercaya, yaitu Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, serta 174 lembaga wakaf lainnya. Dana yang terkumpul akan disalurkan ke berbagai sektor sosial yang membutuhkan, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi. Dengan ini kita dapat melakukan ibadah wakaf tanpa menunda lagi, pasti, kini, dan nanti hehehe.

Nah, semboyannya itu #pastikininanti , ada artinya loh. Yaitu 3 manfaat Asuransi Brilliance Hasanah Maxima. Yakni : Pasti, Kini, dan Nanti.

  • PASTI : disini maksudnya adalah pasti tanpa potongan, pasti aman dengan tenaga pemasar yang tersertifikasi wakaf advisor, dan pasti penyaluran dan penggunaan dana wakafnya.
  • KINI : disini maksudnya adalah dengan menyegerakan wakaf sedini mungkin maka manfaat wakaf akan segera disalurkan sejak pembayaran pertama sesuai periode yang dipilih
  • NANTI : maksudnya adalah membantu melaksanakan wasiat berwakaf atas manfaat wakaf dan investasi asuransi ketika nasabah meninggal dunia. 

Keren ya perusahaan besar dari Toronto, Kanada ini peduli tentang ekonomi syariah dan berusaha memfasilitasi umat Inslam yang jumlahnya besar terutama di Indonesia untuk beransuransi. Ya, walaupun ekonomi syariah ini tidak berkaitan dengan keyakinan penganutnya. Hingga bulan Juni 2018 ini, Sun Life sudah memiliki 2100 agen asuransi syariah di 49 kantor seluruh Indonesia.




Dari event ini, semakin bertambah pengetahuanku mengenai wakaf. Harta yang kita miliki itu tidak sepenuhnya milik kita. Ada baiknya sebagian kita salurkan kepada saudara kita yang lebih membutuhkan, salah satunya dengan berwakaf. Jadi, sudah ada rencana belum untuk berwakaf ?☺️

You May Also Like

30 komentar

  1. Pokoknya wakaf bersama ABHM itu pasti untuk dunia akhirat .

    ReplyDelete
  2. Cuma di Sun Life, bisa asuransi sekaligus berwakaf.....

    ReplyDelete
  3. Ternyata berwakaf itu tak hanya soal tanah, bisa melalui produk asuransi syariah juga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bner bu. Dinna jg br tau loh kalo ad asuransi syariah sekaligus bs berwakaf

      Delete
  4. Keren, kopdar sekaligus nambah wawasan. Saya sih memang sedang mencari asuransi yang menenangkan sekaligus beramal.

    ReplyDelete
  5. Bener banget, nambah ilmu setelah ikutan kopdar ini. Apalagi yg menjelaskan seputar sun life ini bapak Norman yg kece abiis :D

    ReplyDelete
  6. Jadi semangat untuk mulai berwakaf, keren ya Produk Sun Life iniii.

    ReplyDelete
  7. Kalo mau berwakaf sambil asuransi ya sama sunlife aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, beransuransi sambil berwakaf. Keren ya.

      Delete
  8. Tulisannya bagus... Jadi kalo asuransi cari yang sekalian bisa cari pahala yaa...

    ReplyDelete
  9. Masyaallah, baru ini ada asuransi yang gak bikin bangkrut, malah nambah tabungan amal nantinya...

    ReplyDelete
  10. Banyak sekali manfaat jika investasi di sini. Jadi pengen langsung investasi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, aku jg jd pingin beransuransi hehe

      Delete
  11. Udah doong. Abis ngilmu tentang wakaf gini langsung berencana untuk berwakaf melalui asuransi juga :)

    ReplyDelete
  12. Acara ini bermanfaat, jadi tahu kalau wakaf itu bisa dilakukan mulai dari sekarang meskipun masih memiliki dana yang terbatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt mbak. Berwakaf ga harus nunggu jadi orang kaya dulu, dr skrg pun udh bisa hehe

      Delete