>

Belang : Kolapsnya si Super Imut

by - 1/06/2017 04:30:00 pm

Kamu yang suka pelihara kelinci pasti khawatir kan kalo kelincinya sedang sakit, tiba-tiba lemas, ga mau makan? Iya. Itulah yang dialami kelinci gue sekarang ☹ Sejak subuh tadi udah lesu kagak mau makan☹ kerjaannya cuma nyender di kandangnya. Khawatir takut kenapa-napa soalnya kelinci lama gue yang udah sama gue lebih dari lima tahun baru mati dan kalo yang ini juga nyusul, udah deh bakalan terjadi pertumpahan air mata lagi. Kayak abis nonton drama korea.



Ini kelinci gue. namanya Belang, sesuai dengan warna bulunya belang tiga. biasa gue panggil Bebel๐Ÿ˜™ baru diadopsi sekitar satu minggu yang lalu dan kurang lebih umurnya baru tiga bulanan sekarang. kecil gembuuulll banget imut lucu setiap gue liat rasanya pengen nonjok ๐Ÿ˜—๐Ÿ˜ƒ *kidding. Besarnya ya bisa lu liat gambar diatas deh ya seberapa besar. bulunya aluuuss bener kayak kaen sutra hahaha
si Belang ini lagi sakit. alhasil gue kagak bisa nyenyak tidur, makan ga nafsu, keluar rumah selalu kepikiran. Ngurusin kelinci yang lagi sakit ya kurang lebih hampir sama dengan ngurusin anak bayi baru lahir.
Setelah baca buku yang berkaitan dengan kelinci, alhamdulillah sekarang Belang sudah membaik. Udah mau makan, walaupun dikit bener yang dimakan. Kalo minumnya gue pake pipet sedotan dan kasih ke mulutnya sedikit-sedikit. Pengalaman jagain kelinci selama lima tahun lebih buat gue udah tau apa yang harus dilakukan. tapi ya pasti cemas dulu pas tau kelinci kita sedang sakit.

Disini gue mau kasih info sedikit nih tentang kelinci yang tiba-tiba kolaps atau tiba-tiba lemas dan solusinya. semoga bermanfaat ใ…†

Mengapa bisa kolaps???
Kebanyakan masalahnya ialah bunnies gak cukup pakan. Bisa jadi karena kita lalai ngasih pakan, bisa juga karena kalah saing berebut makanan dengan saudara-saudaranya, karena biasanya kalo kelinci udah umur dua bulan si induk sudah mulai jarang menyusui karena menjelang sapih. Bisa juga karena dia malas makan karena stress, kurang sehat, kalo kita ya kurang enak badan lah kira-kira hehehe

Lalu apa yang bisa dilakukan???
Kalo lo nemuin si bunnies terkapar, lemas, perutnya gepeng/kosong, harus cepat-cepat ditanggulangi nih biar bunnies nya cepet sembuh dan ga meregang nyawa *jangan sampe ya hiks hiks๐Ÿ˜ข Disuntik pun gak akan banyak menolong, karena ini bukan penyakit. tapi kalo kita gak berbuat apa-apa maka dia akan mati. huaaaaaa jangan sampe deh
Dari pengalaman gue: Elus bunnies nya dengan lembut, dan seolah kita berkata 'hey..jangan panik ya kamu pasti sembuh ada aku disini, kamu kuat' hehehe. Kemudian siapkan air madu hangat, suapkan pake pipet sedotan. Syukur kalo sebelum kolaps lo udah tau tandanya, jadi dia bisa minum sendiri air gula itu. Tunggu sekitar 1jam, perlahan dia mulai bangkit lagi, boleh lo kasih lagi 2-3 sedot sebagai cadangan energinya. Lalu sediakan pakan didekatnya, berupa hay, atau rumput yang agak kering karena banyak mengandung serat. Amati dia beberapa saat, kalo udah bisa makan rumput yang disiapkan, maka lo boleh bernafas lega, tandanya dia udah mendingan. Tapi tetap harus waspada ya untuk hari-hari kedepannya. Kadang-kadang masih terjadi lagi, tergantung penyebab kurang makannya itu apa.
Selamat mencoba yaa semoga bermanfaat.



You May Also Like

0 komentar